BADAN PENYULUH KECAMATAN LUBUK BESAR MEMBERIKAN PETUNJUK TEKNIS BUDIDAYA DAN PENCEGAHAN PENYAKIT TANAMAN LADA BAGI PETANI LADA DI DESA TRUBUS

11-10-2017

img

Lada atau sahang merupakan komiditi unggulan Bangka Belitung  yang sampai saat ini masih dikembangkan oleh petani lada di pulau bangka  dan Desa Trubus. Namun sayang saat ini menanam lada bukan la hal yg gampang  tingginnya biaya  produksi  dan banyak penyakit yang menyerang tanaman  lada merupakan momok bagi petani,banyak petani yang justru merugi menanam lada dikarenakan faktor tersebut, hal itu membuat petani beralih profesi menjadi penambang  ataupun berganti menanam sawit. 

 Menindaklanjuti masalah tersebut  Badan Penyuluh Pertanian  Kecamatan  Lubuk besar Memberikan petunjuk teknik budidaya dan pencegahan penyakit pada tanaman lada yang bertempat di kantor Desa Trubus  yang di ikuti oleh kelompok tani yang ada di Desa Trubus . Para petani diberi materi oleh narasumber yang merupakan penyuluh pertanian di kecamatan Lubuk Besar,  penyuluh pertanian Desa Trubus mengatakan hal ini mereka lakukan agar petani dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka berikan sehingga  petani tidak lagi gagal dalam menanam lada. (adm1)